Selasa, 16 Juli 2019

Yuk Berkontribusi Dalam Melindungi Bumi degan Melakukan Beberapa Hal Ini


Bumi, tempat kita satu-satunya bertumpu sepertinya sudah mengalami kondisi krisis. Sampah lautan yang sudah semakin menumpuk, polusi udara yang sudah tidak tertolong lagi, es di Antartika yang sudah semakin mencair, hingga perubahan iklim ekstrem yang kian terjadi. Krisisnya kondisi bumi jelas memberikan dampak yang sangat besar terhadap seluruh makhluk hidup di dalamnya, termasuk manusia.

Tanpa bumi, dimanakah seluruh makhluk hidup akan tinggal? Sejauh ini belum ada kepastian planet manakah di tata surya yang layak dijadikan sebagai 'bumi' kedua bagi seluruh makhluk hidup. Dikarenakan belum adanya pengganti bumi, kita sebagai penghuni yang merasakan seluruh manfaatnya jelas memiliki kewajiban untuk selalu menjaga tempat tinggal kita satu-satunya ini.

Sebenarnya menjaga bumi tidaklah sesulit yang kita kira. Sekecil apapun aksi yang kamu lakukan, hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap bumi itu sendiri. Banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga kesehatannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, dan mengurangi penggunaan listrik rumah tangga.

Tidak sulit, bukan? Jelas tidak sulit. Hanya saja, yang membuat semuanya menjadi sulit ialah meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga lingkungan dan memulai aksi dalam berkontribusi menjaga lingkungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa 'memulai' jauh lebih sulit dibandingkan 'melakukan', dan hal inilah yang seharusnya diperbaiki oleh seluruh masyarakat di dunia.

Mungkin ada beberapa diantara kamu yang bertanya-tanya, saya ingin berkontribusi dalam menjaga lingkungan, tetapi apa yang bisa saya lakukan? Tindakan yang dilakukan oleh satu orang tidak akan berdampak apapun bila dibandingkan oleh 1000 orang yang tidak melakukan. Inilah yang menjadi kendala saat ini. Lalu sebenarnya, apa sih yang bisa kamu lakukan untuk bumi?

Aksi Melindungi Bumi 

1. Mengurangi Penggunaan Plastik

Plastik merupakan material yang paling sulit untuk diurai. Satu bahan plastik bahkan membutuhkan waktu hingga beribu-ribu tahun lamanya agar bisa terurai. Bayangkan bila seluruh masyarakat di dunia menggunakan plastik, sudah berapa miliyar plastik yang tertumpuk begitu saja di lautan? Sampah plastik di laut bukan hanya memberikan dampak kepada seluruh ekosistem lautan, melainkan juga kepada diri manusia itu sendiri.

Apa sih susahnya tidak menggunakan kantong plastik dan botol plastik? Kamu tinggal hanya membawa tas kain sendiri jika ingin berbelanja dan membawa tumblr sendiri untuk minum sehingga kamu tidak perlu lagi membeli minum di supermarket. Sebuah aksi yang tidak sulit bahkan cenderung membuat mu menjadi lebih hemat. Membeli minum di supermarket bahkan akan jauh lebih mahal dibandingkan membawa botol minum sendiri dari rumah.

Selain itu, guna mendukung aksi lingkungan, sudah mulai banyak pula yang supermarket-supermarket yang tidak lagi memberikan kantong plastik secara cuma-cuma, melainkan berbayar, sehingga setiap masyarakat yang membutuhkan kantong plastik diharuskan untuk membayar, kecuali kalo ia membawa tas belanjaan sendiri.

Selain itu, sudah mulai banyak pula toko-toko yang menjual sedotan stainless guna mengurangi penggunaan sedotan plastik yang turut berkontribusi dalam memenuhi jumlah sampah plastik di lautan. Walau sedotan plasti tidak berbayar, jelas akan lebih baik bila kamu membawa sedotan sendiri yang bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama. Ditambah lagi karena saat ini juga sudah mulai banyak beberapa restoran yang tidak menyediakan plastik untuk para pengunjung. 

2. Daur Ulang Sampah

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya bahwa bahan plastik merupakan salah satu material yang paling sulit untuk diurai, yang membuat saat ini sudah entah berapa banyak sampah plastik yang tertumpuk tanpa tuan di lautan. Nah, salah satu solusi dalam mengurangi sampah plastik ialah dengan mendaur ulangnya.

Mungkin ada diantara kalian yang secara tidak sengaja butuh menggunakan plastik, entah itu ketika lupa membawa botol minum namun dalam keadaan sangat haus atau sedotan stainless mu yang tiba-tiba hilang. Ketika kamu secara terpaksa melakukannya, salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah jangan langsung membuangnya melainkan dibawa pulang untuk dikumpulkan.

Carilah berbagai jenis pra-karya yang bisa kamu hasilkan dari sampah-sampah plastik yang terkumpul tersebut. Tidak hanya bisa dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari, pra-karya tersebut bahkan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang bagus. Kamu bisa menjualnya sekaligus mengajak masyarakat untuk turut menjaga lingkungan.

3. Menghemat Listrik

Tanpa listrik, sepertinya manusia tidak bisa melakukan apapun. Sangat dibutuhkan, namun listrik juga memiliki kontribusi yang berarti terhadap pemanasan global yang tengah terjadi saat ini. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu mulai memperhatikan pula listrik yang kamu gunakan, seperti selalu mematikan lampu ketika sebelum tidur atau keluar ruangan, mematikan televisi ketika sudah tidak digunakan, dan menggunakan Ac seperlunya saja.

Selain dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan, menghemat listrik juga secara tidak langsung dapat membantu mu dalam pengeluaran listrik rumah tangga lho. Ditambah lagi karena saat ini, PT Perusahaan Listik Negara (PLN) bersama dengan pemerintah yang sudah seperti memberikan sinyal terhadap kenaikan tarif listrik bagi masyarakat Indonesia.

Dengan menghemat listik, kamu tidak hanya berkontribusi dalam menjaga lingkungan melainkan juga sekaligus menghemat pengeluaran listrk rumah tangga. Kamu termasuk yang merasakan dampak dari kenaikan tarif listrik? Yuk baca informasi lebih lanjutnya mengenai cara menghemat biaya listrik rumah tangga di https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar